Strategi Pengusaha
Menjadi Entrepreneur Muda Mandiri Sukses
Menjadi Entrepreneur Muda Mandiri Sukses
1. Mulailah untuk menabung dan harus komitmen, karena tabungan kita pasti akan berguna untuk modal ke depan
2. untuk memulai usaha sendiri memerlukan strategi, perencanaan & perlu ditentukan kapan segera dimulai
3. Tentukan jenis bisnis yg akan Anda mulai, sbaiknya sesuai dg minat bisnis/hobby & kemampuan
4. Lakukan analisa market, trend & potensi bisnis, ini penting untuk analisa potensi ksuksesan bisnis
5. Harus diingat bahwa memulai usaha sendiri butuh kerja keras, keyakinan serta niat untuk memulai usaha
6. Mau sukses dalam wirausaha? ya harus all out dan jangan setengah2, hasilnya nanti tidak akan maksimal
7. Tentukan market yg akan dtuju & produk yg akan djual, psiapkan tapi jangan kelamaan. Tetap hrs action
8. Miliki mental tdk menyerah dan berani ambil risiko. Ini penting agar usahanya bisa segera dmulai
9. Ingat! Usaha yg sukses adalah usaha yg diwujudkan bukan direncanakan saja
10. Pastikn ada prmintaan pasar dr produk Anda, uji kelayakan pasar. Misalnya coba jual sampel produk
11. Slanjutnya buat prencanaan produk, harga, lokasi, strategi promosi & prencanaan keuangan yg baik
12. Carilah diferensiasi dr produk Anda & jadikan bisnis Anda berbeda & lebih baik dr produk pesaing
13. Pastikan Anda memilih lokasi yang strategis untuk usaha Anda.
14. Cek apakah ada pesaing terdekat. Buat strategi produk yg lebih baik atau harga yg lebih murah
15. Ketika akan mulai buka usaha, diawali dg undang rekan2 dekat atau saudara, minta feedback dr mreka
16. Feedback dr rekan2 dekat sgt penting untuk memastikan apakah produk kita bs dterima pasar atau tdk
17. Berikut adalah strategi-strategi dari para pengusaha-pengusaha wirausaha yang berhasil.
18. Mencari pasar yg belum tergarap, identifikasi market yg kebutuhanny blum terpenuhi oleh kompetitor
19. Perhatikan & pelajari cara para pebisnis yg sukses di bidang mereka dgn pandangan yg kritis
20. Terkadang, mnjauh dr anggapan yg mnurunkan smgt & aturan baku bs mbantu Anda untuk meraih kesuksesan
21. Pelajari cara mereka bekerja & program yg mereka lakukan. Ajukan pertanyaan2 “bagaimana jika”
22. Pusatkan pandangan Anda di area yang lupa ditutupi oleh kompetitor Anda.
23. Pikirkan cara bagaimana agar lebih dikenal dg dana seminim mungkin. Jdlah kreatif. Tukar ide dg org2 terdekat Anda
24. Percaya pada kemampuan diri, terus belajar, follow pengusaha2 hebat dan jangan lupa Action!
25. Jangan biarkan kesulitan atau kegagalan mengalahkan Anda. Bangkittt!
26. Bangun spesialisasi yg Anda tahu merupakan keunggulan dr usaha Anda: USP – Unique Selling Point
27. jangan biarkan batasan yg diciptakan oleh orang lain atau keadaan yang menjepit membuat Anda lemah
28. Banyak wirausahawan yang menutup usaha mereka karena tidak percaya pada diri sendiri
29. sebagai wirausahawan, Anda akan menghadapi masa-masa penuh stres yang akan menguji kepercayaan Anda.
30. Ingatlah, bahwa alat untuk mengusir kegundahan itu adalah doa, usaha dan kegigihan.
31. Percayalah pada konsep bisnis Anda dan komitmen diri untuk melihat bisnis ini sukses.
32. jangan berhenti berinovasi. Secara continue, carilah cara2 baru untuk memperkenalkan produk2 baru Anda
33. Inovasi bisa muncul salah satunya dg cara menanyakan ke konsumen apa keinginan & kebutuhan mereka
34. Berpuas diri adalah hal yang bisa membahayakan kesuksesan bisnis Anda
35. Sesuaikan bisnis Anda dgn tren pasar. Lakukan survey, lakukan observasi kebutuhan konsumen.
36. Peka terhadap tren terbaru & berani memulai. Carilah kebutuhan+keinginan terbaru dr para konsumen
37. Bertindaklah dgn cepat, jangan menunda terlalu lama – tapi tetap dgn pertimbangan yg matang
38. Lakukan! Berhenti membuat alasan. Ga akan bisa sukses kalo tidak di lakukan.
39. jangan biarkan calon kompetitor mencuri start dr bisnis yg sebenarnya bs Anda mulai terlebih dulu.
40. Ciptakan gol-gol pendek & deadline yg membawa Anda lebih dekat untuk membuka lahan bisnis baru
41. Hindari kata-kata yg mematahkan semangat. Abaikan orang-orang yg berkata “Itu tak akan berhasil”
42. Feedback dr konsumen selanjutnya dlakukan sec berkala untuk saran & ide product improvement ke depan
43. Tetapkan harga promosi saat usaha awal. Ini pnting untuk mnggerakan konsumen untuk mncoba prod. kita
44. Buat produk yg bkualitas & sesuai dg keinginan konsumen. Ini penting untuk caraeate pmbelian brulang
45. Produk yg brkualitas saja tdk cukup, perlu variasi produk & lakukan inovasi untuk kpuasan pelanggan
46. Tetapkn harga yg wajar sesuai segmen konsumen. Tetapkan hrga yg brsaing tapi hrs tetap profitable.
47. Saat mnetapkan harga produk, lakukan survey harga di pasaran terlebih dulu. Cek harga pesaing jg
48. Kami rekomendasi jg untuk survey ke konsumen, apakah harga yg sudah kita tetapkan sesuai
49. Usaha kita hrs “value for money” bagi konsumen artinya harga produk kita sesuai dg kualitasnya
50. Pertahankan kualitas terbaik, byk konsumen lari ke pesaing karena kualitas produk kita menurun
51. Seinovatif dan seberkualitasnya produk kita akan kurang berdampak ke sales klo tdk ada promosi.
52. Lakukan promosi secara berkala. Jangan hanya gencar di awal saja
53. Promosi bs dg harga diskon awal, bisa dgn publikasi atau trade promo (misal bundling product)
54. Promosi dg offline strategi bs dg sebar brosur, billboard, iklan tv, radio, media cetak dll
55. Kelebihannya offline strategi spt iklan biasany caraeate awareness byk audience, klemahannya mahal
56. Promosi dg online strategi bs dg social media misalnya twitter, fb, blog, youtube
57. Kelebihan promosi melalui online strategi – social media adalah biayanya relatif lebih murah
58. Pada akhirnya lakukan evaluasi menyeluruh, manakah strategi yg tepat disesuaikan dg bisnisnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar